Rabu, 17 Juni 2015

"Imam" Tetap Sah Sholat Dibelakang Makmum



Seorang ustaz sedang berkumpul ditengah-tengah keluarganya dan membahas berbagai masalah salah satunya kapasitas para imam sholat yang dipilih sang ustaz dimusholla yang baru dipimpinnya.

Informasi dari keluarga kepada sang ustadz, banyak tanggapan dari masyarakat mengenai imam pilihannya mulai dari yang memprotes bacaan imam hingga ada pula yang sangat menyukai bacaan imam.

Imam si anu bacaannya bagus kata tetangga kalau lagi baca ain fasehnya bukan main sampai melengking suaranya, ternyata tetangga yang memuji itu salah satu kerabat imam tersebut.

Tetangga lain bilang imam sipulan baca fatehahnya manteb, langgamnya unik ada cengkoknya gitu, “hadueh kaya dangdut aja” kata sang ustadz.

Ada juga tetangga yang protes keras, sholat kalau sianu yang jadi imam bisa engga sah bacaannya kurang faseh. Kalo perlu kata tetangga itu, musholla panggil guru ngaji buat benerin imam yang bacaannya belum faseh.

Entah pusing atau apa dengar beragam tanggapan dari masyarakat terhadap imam pilihannya, sang ustaz akhirnya bersuara. “Sebenarnya imam dibelakang makmum pun tetap sah sholatnya”.

Denger pernyataan sang ustadz yang aneh keluarganya bingung, bahkan berpikir nih ustadz baru mimpin musholla aja udah stress apalagi masjid.

Akhirnya ada yang tanya kok bisa begitu? Iya itu si imam tetangga kita sholatnya dibelakang melulu, engga pernah mau jadi imam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar