Rabu, 17 Juni 2015

Ramadhan Tetap Menjadi Bulan Suci



Ramadhan menjadi bulan yang dinantikan dengan suka cita oleh umat Islam, selain sebagai bulan suci yang penuh hikmah, Ramadhan merupakan bulan penuh berkah ampunan bagi mereka yang berpuasa dengan baik dan banyak manfaat yang diperoleh dengan berpuasa. Bahkan ahli tafsir terkemuka Quroish Shibah dalam statusnya dimedia sosial mengungkapkan, bunyi surat AlBaqarah ayat 183 mewajibkan berpuasa tanpa menyebut siapa yang mewajibkanya dan seandainya Allah tidak mewajibkan, manusia dengan sukarela melaksanakan bila tahu manfaat besar dari puasa.

Sebagian orang merasa risau menyambut Ramadhan yang berlangsung tahun ini, mengingat pemerintah menghimbau agar menghormati mereka yang tidak berpuasa dengan tidak memaksa tempat makan tutup disiang hari maupun sweeping tempat-tempat yang dianggap sebagai sarang maksiat. Mereka menggangap puasa tahun ini akan terasa berbeda, karena akan menemui orang-orang yang merokok maupun makan dengan bebas disiang hari dan kesucian bulan Ramadhan bisa terganggu jika tempat yang dianggap sebagai sarang maksiat tetap beroperasi.

Kerisauan tersebut sangat beralasan, agar jangan sampai mereka yang sedang menahan lapar disiang hari kemudian tergoda membatalkan puasanya dengan masuk kewarung makan yang buka saat ramadhan, atau mungkin mengumpat dalam hati mereka yang makan atau merokok dengan bebas ditempat umum pada siang hari. Mereka yang ingin beribadah dengan khusuk dimalam-malam Ramadhan tentu tidak ingin diganggu dengan ingar-bingar suara musik dari diskotik yang sesaki mereka yang mabuk minuman keras dan khawatir saudara mereka yang seiman ikut tergoda masuk ketempat tersebut.

Namun bila meresapi kembali hikmah diperintahkannya puasa, bisa jadi ini hanya sebagian kecil ujian bagi mereka yang berpuasa. Ujian sebenarnya ialah bagaimana memanfaatkan Ramadhan  yang hanya berlangsung kurang lebih 29 hari untuk melatih diri dalam mengelola hawa nafsu sehingga terbentuk pribadi takwa, sekaligus saling berlomba dalam beribadah untuk memperoleh pahala dan ampunan yang sebesar-besarnya.

“Selamat Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1436H”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar